Kamis, 25 April 2013

Gowes Asik Dengan Sepeda Ini [Mantap]

barakudagunung - Sepeda yang satu ini mungkin bisa dianggap sebagai sepeda unik dan juga sebagai sepeda yang "nakal". bagaimana tidak frame yang biasa digunakan oleh semua jenis sepeda adalah berbentuk besi/serat carbon batangan namun yang ini justru nyleneh karna berbentuk sosok wanita yang telanjang/berbikini dengan posisi merangkak, sedangkan pantat "frame wanita" tepat berada pada "maaf" kemaluan sipengendara, nah bagaimana rasanya bila anda yang menaiki sepeda tersebut, Apakah anda telah membayangkan untuk memiliki, ataupun mengendarainya? dijamin bila anda memiliki dan menaikinya pasti anda akan senyam senyum sendiri dan yang pasti anda akan jadi perhatian orang sepanjang jalan, bagaimana anda penasaran dengan bentuknya yang unik? Silahkan cek aja foto-foto berikut dibawah ini :
 
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sepeda Seks
Sumber ; http://www.sepedaku.org/sepeda-fixie/sepeda-idola-para-pria-mantap/

Selasa, 23 April 2013

SEPEDA SUPER MAHAL DARI LAMBORGHINI

 

Sepeda, Lamborghini, 50th anniversary lamborghini, lamborghini aventador, bmc, sepeda limited editionbarakudagunung - Produsen Supercars asal Italia Lamborghini, tahun ini merayakan ulang tahun emasnya dengan membuat sepeda Limited Edition bersama BMC. Sepeda Lamborghini 50th Anniversary Limited Edition ini hanya diproduksi terbatas yakni sebanyak 50 unit saja.

Sepeda edisi terbatas ini menggabungkan Impec carbon frameset buatan Swiss dengan beberapa komponen premium dari Italia serta proses pengecatan yang eksklusif. Pabrikan mobil itu mengklaim sepeda ini nantinya akan menjadi salah satu hasil karya terbaik dari perayaan ulang tahun Lamborghini.
Rangka atau frame sepedanya sebagian besar terbuat dari serat karbon, sama seperti Lamborghini Aventador, Jok dan setangnya unik karna ditutupi bahan kulit yang sama seperti yang digunakan di interior Aventador. Warna kuningnya bahkan sama dengan Aventador edisi khusus ulang tahun yang baru saja diungkap Lamborghini.

Namun sebanding dengan kualitasnya seperti terlihat di mobil-mobil eksotis besutan Lamborghini, harganya pun sangat tinggi, yakni US$32.000 atau sekitar Rp320,7 jutaan (ckckckckck untuk beli sepeda sekelas punyaku dapat 100 biji)........Luar biasa ya untuk ukuran sebuah sepeda. Uang sebanyak itu bahkan bisa digunakan untuk membeli mobil sedan keluaran Jepang. namun pihak lamborghini hanya memproduksi secara terbatas yakni Lima puluh unit sepeda saja yang dibuat secara khusus dengan berdasarkan sistem made-to-order.  Nah dengan memiliki sepeda tersebut Anda akan memiliki sebuah sepeda dengan citarasa khas Lamborghini, yakni ekslusif, menarik perhatian, dan mencolok mata.

untuk Spesifikasi Lamborghini 50th anniversary seperti dibawah ini :
  • Frame : Impec LSW
  • Fork : Impec, carbon
  • Stem : 3T ARX LTD Lamborghini Edition – 90, 100, 110, 120, 130mm sizes
  • Handlebar : 3T Ergonova LTD Lamborghini Edition – 40, 42, 44 cm
  • Front brake : Campagnolo Super Record Skeleton
  • Rear brake : Campagnolo Super Record Skeleton
  • Brake levers : Campagnolo Super Record
  • Front derailleur : Campagnolo 11-speed Super Record EPS
  • Rear derailleur : Campagnolo 11-speed Super Record EPS
  • Shifters : Campagnolo 11-speed Super Record EPS
  • Cassette : Campagnolo Super Record 12-27
  • Chain : Campagnolo Super Record
  • Crankset : Campagnolo Super Record Ti Ultra Torque, 50-34
  • Bottom bracket : Campagnolo Super Record
  • Wheelset : Campagnolo Bora Carbon Ultra Two Tubular
  • Front tire : Continental Competition 22 tubular
  • Rear tire : Continental Competition 22 tubular
  • Saddle : Fizik Arione 00 Lamborghini Edition
  • Seatpost : Impec integrated, carbon
  • Extras : 50, 53, 55, 57, 60 cm sizes, Lamborghini 50th Anniversary livery
  • Weight : 6.85kg (15.1lb)
Kayaknya bila anda sampai beli sepeda BMC ini harus dan wajib beli beberapa jenis kunci pengaman, karna jangan sampai saat anda parkir disuatu tempat, tau-tau sepeda tersebut sudah menghilang di bawa orang yang tertarik dengan sepeda anda tersebut. anda tertarik untuk memilikinya,,,,?

sumber; inilah.com dan sportku.com

Senin, 22 April 2013

JALUR TANJAKAN MENUJU SANG EKSOTIS KALIBIRU DAN SERMO


Kalibiru,,,,kalibiru adalah nama sebuah desa yang masuk dalam wilayah kecamatan kokap, kabupaten kulonprogo, kalibiru juga merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat eksotis yang ada di kabupaten kulonprogo selain puncak suroloyo, eksotis karna bila kita menuju kesana kita akan melewati jalan tanjakan yang berliku dimana alam pedesaan yang sangat kental masih sangat terasa sekali, kalibiru telah dijadikan Desa Wisata kira-kira empat tahun yang lalu saat maraknya kegiatan outbond yang merupakan kegiatan ketangkasan dan kekompakan karna dilakukan secara berkelompok guna memupuk rasa persatuan dan solidaritas antar peserta dalam kelompok outbond tersebut. Bila anda ingin menikmati alam pegunungan sambil berpetualang maka kalibiru bisa menjadi acuan destinasi yang cocok bagi anda yang mempunyai jiwa petualang, jarak kalibiru dari pusat kota wates + 10Km dan dapat ditempuh melalui jalur wisat bendungan sermo dan melalui jalur pemandian celereng, Pengasih. 
Beberapa hari yang lalu tepatnya hari sabtu tanggal 5 dan 20 April kemarin kami sempatkan untuk merasakan nikmatnya dan indahnya jalur tanjakan kalibiru, sengaja kami ambil jalur pemandian celereng karna jalur tanjakannya yang sangat menantang, pada jalur ini banyak tanjakan dan turunan dengan kemiringan 30 s/d 45 derajat sehingga sangat memacu adrenalin (bombastis brooo,,,sambil bilang wooouw) kami. Jam 09.00 wib adalah jam start yang biasa kami laksanakan karna semua anggota barakuda masih melaksanakan tugas negara yakni “commandherweish” alias pengaturan lalulintas demi tertibnya para pengendara di jalan sehingga kerawanan berupa lakalantas bisa di eliminir seminimal mungkin syukur alhamdulillah gak ada sama sekali, kebetulan anggota barakuda adalah para polisi yang gemar berolahraga sepeda, namun demikian tidak menutup untuk tetap berkolaborasi dengan para goweser diluar anggota polri dan hal itu sering dilakukan bila bergowes ria ke rute-rute yang ekstrim.
Kembali ke cerita kalibiru maaf pembaca jadi ngelantur nih ceritanya, pada hari sabtu kemaren itu kami bergowes ria bersama Pak Dhe Suroto, Pak Dhe Undang, Pak Dhe Udi, Bro Edi, bro beni dan saya sendiri, jam 09.15 kami start dari polsek pengasih ke utara simpang tiga serang kekiri, jembatan celereng kekiri, nah memasuki girinyono tanjakan yang super panjang n’ muantaaap sudah menghadang kami, tanjakan ini kira-kira sepanjang 1 kilometer dan berakhir disimpang tiga yang bila kekanan menuju desa clapar, di pertigaan ini kami ambil kekiri menuju kalibiru pada jalur ini kita akan memasuki hutan pinus kira-kira sepanjang 1 kilometer setelah hutan pinus langsung dihadapkan pada tanjakan pertama memasuki desa wisata kalibiru, pada tanjakan ini sudut kemiringannya bisa mencapai 30 s/d 35 derajat, lepas dari tanjakan yg berkelok kemudian bertemu lagi dengan tanjakan ke tiga yang kemiringannya sekitar 45 derajat, alhamdulillah semua tanjakan pada etape ini bisa dilalui dengan semangat 45, kira-kira jam 10.40 akhirnya sampailah juga pada pos pemberhentian yaitu warung pak sumiran, disini kami minum teh panas gula batu sepuas-puasnya,,,,,,,hehehehehehehe

Kira-kira jam 11.00 kami lanjutkan menuju puncak desa wisata kalibiru, jadi jarak dari pos warung pak sumiran kira-kira 500 meter dengan diselingi tanjakan yang agak lumayan,,,,,jam 11.15 kami serombongan sampai di puncak kalibiru, kira-kira jam 11.30 kami lanjutkan untuk turun menuju bendungan sermo untuk kemudian turun menuju kota wates alias go to home masing-masing, nah begitu ceritanya perjalanan kami menuju kalibiru dengan bergowes ria, sekian dulu ya para pembaca trimakasih untuk kunjungan di blog kami, lain kali kalo kami touring lagi akan kami tuangkan dalam tulisan lagi dech ceritanya, skian dan trimakasih salam goweser barakuda“menembus batas”.

Jumat, 19 April 2013

TIPS BERSEPEDA TOURING | DAFTAR PERSIAPAN PERLENGKAPAN TOURING

Daftar berikut berisi checklist Fundamental, sekaligus sebagai pengingat yang cocok untuk bagi siapa pun yang hendak memulai aktivitas bersepeda. Apalagi untuk Sobat cyclist yang hendak melakukan perjalanan bersepeda dengan jarak yang cukup jauh (Touring).

 

Dua hal inti yang harus di pakai

  • Sepeda
  • Helm Sepeda

Perlengkapan dan pendukung

  • Air minum (hydration pack; bottle with cage)
  • Makanan ringan sebagai energy food (misal: pisang, telur rebus, jeruk, energy bar dsb)
  • Sunblock/Sunscreen (yang akan melindungi agar kulit tidak terbakar karena efek UV)
  • P3K pokok (First-aid kit)
  • Pelindung Mata (sunglasses, clear lenses)
  • Medical info/emergency contact bisa Sobat tambahkan sebagai catatan.

Peralatan dan pendukung
  • Ban dalam cadangan (tubes) beserta perlengkapan tambal (jika dianggap perlu)
  • Pompa Ban
  • Pengungkit Ban (Tire levers), sebagai alat bantu untuk melepas ban luar dari pelek
  • Cycling multi-tool, yang ini biasanya dalam bentuk folding tools

Beberapa Perlengkapan Opsional

  • Padded shorts or tights
  • Jersey
  • Sarung tangan (Gloves)
  • Saddle (underseat) bag
  • Kunci sepeda
  • Jam tangan/penunjuk waktu
  • Telepon Seluler
  • Uang cash dan/atau kartu debit/kredit
  • GPS/Map (khususnya jika Anda route Sobat adalah daerah yang belum pernah dilalui sebelumnya)

Perlengkapan pribadi, silahkan tambahkan Sendiri

  • ____________________
  • ____________________
  • ____________________
  • ____________________
  • ____________________
  • ____________________

Periksa keadaan sepeda anda sebelum mulai bersepeda

  • Tekanan dan kondisi Ban
  • Cek kondisi dan fungsi piranti pengereman (break set)
  • Front/rear wheel dan quick releases terpasang secara aman
  • Bolt tightness throughout
  • Ketinggian Seat post dan handlebar sesuai
  • Cek piranti penerangan (jika diperlukan untuk perjalanan malam)
  • Cek kondisi pelumas pada gear, rantai dan poros-poros penggerak sepeda
  • Reflector (jika diperlukan), pastikan berada pada tempatnya
Mudah-mudahan bisa membantu Sobat cyclist mendapatkan aktivitas bersepeda yang menyenangkan. Happy cycling! salam goweser barakuda "menembus batas".
 
 
 
 

Jumat, 05 April 2013

BERPETUALANG DENGAN SEPEDA GUNUNG


Petualangan dengan sepeda gunung memang alternatif lain selain hiking dan mountaineering. bila kita menggunakan MTB (Mountain Bike), akan terasa perbedaannya dengan pola berpetualang dengan berjalan kaki. selain kita muda menikmati keindahan alam, juga jarak medan yang ditempuh lebih jauh menantang. hampir semua jalur medan yang bisa dengan berjalan kaki, bisa ditempuh dengan sepeda gunung, kecuali medan menanjak ataupun menurun tajam.

Selain daya jangkau yang luas dan jauh, dengan bersepeda gunung kita akan merasakan sensasi yang tidak terkira bila menjumpai turunan panjang. Memacu sekencang – kencangnya sepeda, melibas tikungan, melompati gundukan, drop off di ceruk tanah merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Belum lagi hembusan angin kencang menerpa wajah ketika melaju sangat kencang di turunan.
Semuanya mampu memacu adrenalin, membuat jantung berdetak kencang dan seolah – olah di dunia ini hanya ada kita, sepeda dan trek. Belum lagi ketika kita melaju menerobos semak, ranting dan dedaunan, seolah melalui sebuah lorong misterius, seolah kita akan memasuki dunia lain. Butuh jam terbang tinggi untuk bisa mengendalikan sepeda dengan baik dan aman di berbagai trek dengan kecepatan tinggi. Butuh skil dan ketrampilan yang tidak bisa instant kita peroleh tanpa main – main.
Semakin sering bersepeda ke alam semakin terampil kita mengendalikan sepeda dan tahu apa yang kita lakukan bila menjumpai berbagai tipe trek. Sehingga kita tahu persis bagaimana melaju di trek tanah berpasir, trek berbatu ( makadam ), trek tanah liat licin, dan tanah tanah berlapis dedaunan busuk dan sebagainya.
Sebelum memulai petualangan bersepeda gunung di alam, pastikan kondisi tubuh dalam keadan fit dan bugar. Lupakan kegiatan ini bila kita dalam keadaan tidak fit atau sakit. Karena dalam kondisi tubuh tidak sehat hanya cari celaka dan hanya akan membuat repot teman seperjalanan. Kondisi badan tidak sehat akan membuat konsentrasi tidak maksimal, tenaga tidak ada dan hanya akan memperparah kondisi tubuh karena organ tubuh dipaksa bekerja keras.
Pastikan kondisi sepeda dalam keadan siap tempur. Cek rem apalah berfungsi sempurna, apakah kanvas rem masih tebal dan apakah minyak rem tidak bocor ( rem hidrolik ), lihat juga apakah karet rem masih tebal ( v brake ). Kencangkan baut ( quick release ) di hub. Cek juga angin di shock depan dan belakang tidak terlalu keras atau terlalu empuk. Basahi rantai dengan minyak pelumas. Rantai yang kering apalagi berkarat akan cepat rusak dan putus.
Pastikan tuas rem dan pemindah gigi bekerja sempurna. Demikian juga dengan sistem pemindah gigi apakah bekerja dengan baik, tidak lompat – lompat atau tidak mau pindah. Bila menghadapi trek menanjak terjal pastikan gigi depan dan belakang di posisi ringan. Depan bilah crank yang paling kecil, dan belakang bilah seprocket yang paling besar. Bila terlalu ringan bisa disesuaikan dengan kayuhan. Pasang sadel tinggi, sehingga kita mengayuh seperti tengah berlari, ini akan meringankan kayuhan. Semakin terjal tanjakan semakin besar pula gaya grafitasi ke belakang. Kalau badan kita terlalu kebelakang maka ban depan kemungkinan akan terangkat dan kita akan terjatuh. Usahakan badan condong kedepan, untuk membuat ban depan tetap menapak di trek.
Kayuh perlahan, tidak usah terburu – buru atau bernafsu, nikmati semeter demi semeter trek menanjak yg kita lalui. Bernafaslah senormal mungkin, samakan irama ketika menginjak pedal lepas udara, ketika menarik pedal tarik nafas. Semakin kita sering bermain maka semakin kuat kita ditanjakan. Selebihnya ada masalah ketabahan dan kesabaran, menjalani penderitaan.
Bila melibas turunan panjang dan cukup terjal, pastikan berat badan kita agak kebelakang. Ini dimaksudkan agar kita mengimbangi gaya grafitasi kedepan dan ban belakang tetap dmenapak di trek. Sehingga sepeda tetep bisa kita kendalikan. Jangan terlalu bernafsu melibas turunan. Lihat jauh ke depan, jangan ke ban depan. Di trek turunan kita akan melaju sangat kencang, dengan melihat jauh kedepan kita mampu melihat lebih luas trek di depan kita, kita akan tahu dan memutuskan akan mengambil jalur yang mana. Perhatikan baik – baik trek, apakah ada batu, akar yang menyilang, lobang dalam, tanah berlumpur, tanah berlapis lumut dan sebagainya.
Diturunan terjal dan licin, jangan menggunakan rem depan, gunakan rem belakang sesekali untuk menurunkan kecepatan. Menekan keras – keras tuas rem belakang hanya akan membuat ban belakang melintir dan mengakibatkan ban belakang kehilangan kontraksi dengan tanah, sehingga sepeda sulit dikendalikan.
Bermain sepeda gunung selain menyenangkan juga beresiko dan berbahaya, maka kita perlu memakai helm, pelindung siku, lutut dan sarung tangan. Selain itu biasanya kita akan bermain di lokasi yang jauh dari keramaian, jauh dari warung makan, toko atau bengkel sepeda. Maka ransel ( hydrobag ) yang kita bawa harus kita isi dengan semua peralatan tersebut, seperti bawa makanan kecil dan minuman, jaket hujan, perlatan P3K, ban cadangan, pompa, pembuka ban, kunci L, lem dan tambal ban, alat penyambung rantai, minyak pelumas, batang pembuka ban. Dan jangan lupa bawa tisu basah dan tisu kering. Kedua barang ini sangat berguna kalau kita tiba – tiba, tidak tertahankan mau buang air besar, sementara rumah penduduk dan sungai tidak ada. Jangan sesekali menggunakan batu, kayu atau dedaunan, karena selain tidak hygienisjuga bisa jadi menimbulkan rasa gatal atau beracun.

Kamis, 04 April 2013

Bicycle Frame Handle, Bantu Anda Mengangkat Sepeda - INILAH.com

Bicycle Frame Handle, Bantu Anda Mengangkat Sepeda - INILAH.com

Pengaturan Gigi Belakang Sepeda.




DSC_1454edt
Bersepeda di masa kini merupakan aktivitas menyenangkan karena mengayuh melalui tanjakan, turunan, melesat di jalan datar hingga  medan off-road dapat dilakukan dengan mengeluarkan tenaga se efektif mungkin setelah ditemukannya alat yang terkenal dengan sebutan Rear Derailleur (RD), suatu sistem transmisi gigi sepeda bagian belakang yang berfungsi memindahkan rantai pada sprocket sesuai pengaturan transmisi dari shifter.
Berbagai inovasi telah dikembangkan sejumlah produsen RD terkenal salah satunya adalah Shimano yang membuat beberapa kategori kecepatan (9-10 speed), kualitas bahan (pastik-baja ringan) hingga tujuan penggunaan (Road bike/Mountain bike).  Untuk sebagian orang ber investasi pada kualitas terbaik merupakan pilihan yang tepat.
Namun, dengan apa yang sudah kita miliki saat  ini kenyamanan bersepeda juga dapat ditingkatkan dengan mengatahui cara kerja dan mengatasi kasus yang umum terjadi pada sepeda kita seperti pindah gigi tidak halus, tidak akurat hingga rantai lepas atau bahkan putus. Kenyamanan bagi saya adalah jika saya dapat mengatur sesuai dengan yang terbaik yang saya inginkan.
Setelah memperhatikan cara kerja beberapa mekanik sepeda dan  belajar dari beberapa penggiat sepeda MTB (Mountain bike), kali ini saya akan berbagi tips pengaturan gigi belakang sepeda dengan menggunakan RD shimano tipe Deore 9-speed yang termasuk dalam kategori kelas menengah untuk MTB, dengan dilengkapi rantai (chain) khusus untuk 9-speed, Sprocket yang berjumlah 9 keping grigi dan shifter yang juga berjumlah 9-speed.
Tips
1. Langkah pertama yang biasa saya lakukan adalah membalik sepeda dengan posisi stang (handlebar) dan Saddle menyentuh lantai. Jangan lupa diberi alas agar shifter pada stang tidak rusak.
DSC_1714
2. Selalu perhatikan posisi rantai RD  lurus dengan rantai sprocket untuk menjamin perpindahan gigi tetap akurat sesuai dengan shifter, pastikan rantai dan RD bersih dan telah dilumasi.
DSC_1733edt
3. Rantai sering pindah sendiri / lepas disebabkan oleh pemasangan rantai yang teralu kendor.
    Baut adalah batas gigi terkecil, jika terlalu kendor maka rantai akan lepas dari gigi terkecil.
    Baut batas gigi terbesar, jika terlalu kendor maka rantai akan lepas dari gigi terbesar.
    Baut mengatur ketegangan rantai, jika terlalu renggang bisa lepas, jika terlalu kencang bisa putus.
4. Inti permasalahan rantai bunyi / kasar saat pindah gigi dapat diatasi dengan memutar baut kabel RD danbaut kabel shifter hingga perpindahan gigi menjadi halus dan akurat.
DSC_1736edt
DSC_1691
5. kayuh pedal dengan tangan, dengan sepeda tetap pada posisi langkah 1.  Perhatikan ketegangan rantai, akurasi perpindahan gigi sesuai shifter , suara pindah gigi apakah sudah halus jika belum ulangi langkah langkah diatas.



DSC_1454edt
Bersepeda di masa kini merupakan aktivitas menyenangkan karena mengayuh melalui tanjakan, turunan, melesat di jalan datar hingga  medan off-road dapat dilakukan dengan mengeluarkan tenaga se efektif mungkin setelah ditemukannya alat yang terkenal dengan sebutan Rear Derailleur (RD), suatu sistem transmisi gigi sepeda bagian belakang yang berfungsi memindahkan rantai pada sprocket sesuai pengaturan transmisi dari shifter.
Berbagai inovasi telah dikembangkan sejumlah produsen RD terkenal salah satunya adalah Shimano yang membuat beberapa kategori kecepatan (9-10 speed), kualitas bahan (pastik-baja ringan) hingga tujuan penggunaan (Road bike/Mountain bike).  Untuk sebagian orang ber investasi pada kualitas terbaik merupakan pilihan yang tepat.
Namun, dengan apa yang sudah kita miliki saat  ini kenyamanan bersepeda juga dapat ditingkatkan dengan mengatahui cara kerja dan mengatasi kasus yang umum terjadi pada sepeda kita seperti pindah gigi tidak halus, tidak akurat hingga rantai lepas atau bahkan putus. 
Salah satu kenyamanan dalam olah raga bersepeda adalah mengenali spesifikasi sepeda milik kita yang menjadi tunggangan kita dalam bersepeda, mengenali spesifikasi berarti kita juga kita harus paham ketika terjadi ketidak nyamanan pada salah satu elemen sepeda tersebut, nah dalam postingan kali ini "barakudagunung" akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan pengaturan gigi belakang pada sepeda MTB (Mountain bike) kita dengan menggunakan RD shimano tipe Deore 9-speed yang termasuk dalam kategori kelas menengah untuk MTB, dengan dilengkapi rantai (chain) khusus untuk 9-speed, Sprocket yang berjumlah 9 keping grigi dan shifter yang juga berjumlah 9-speed,
Tips
1. Langkah pertama yang biasa saya lakukan adalah membalik sepeda dengan posisi stang (handlebar) dan Saddle menyentuh lantai. Jangan lupa diberi alas agar shifter pada stang tidak rusak.
DSC_1714
2. Selalu perhatikan posisi rantai RD  lurus dengan rantai sprocket untuk menjamin perpindahan gigi tetap akurat sesuai dengan shifter, pastikan rantai dan RD bersih dan telah dilumasi.
DSC_1733edt
3. Rantai sering pindah sendiri / lepas disebabkan oleh pemasangan rantai yang teralu kendor.
    Baut adalah batas gigi terkecil, jika terlalu kendor maka rantai akan lepas dari gigi terkecil.
    Baut batas gigi terbesar, jika terlalu kendor maka rantai akan lepas dari gigi terbesar.
    Baut mengatur ketegangan rantai, jika terlalu renggang bisa lepas, jika terlalu kencang bisa putus.
4. Inti permasalahan rantai bunyi / kasar saat pindah gigi dapat diatasi dengan memutar baut kabel RD danbaut kabel shifter hingga perpindahan gigi menjadi halus dan akurat.
DSC_1736edt
DSC_1691
5. kayuh pedal dengan tangan, dengan sepeda tetap pada posisi langkah 1.  Perhatikan ketegangan rantai, akurasi perpindahan gigi sesuai shifter , suara pindah gigi apakah sudah halus jika belum ulangi langkah langkah diatas.
semoga bermanfaat, salam barakudagunung "menembus batas".

Senin, 01 April 2013

PUNCAK TALUNOMBO YANG MENAWAN

BERSEPEDA LAGI,,,,,,

Bersepeda adalah olah raga yang sangat menyenangkan, banyak orang ketika melihat serombongan komunitas sepeda sedang bersepeda ria menuju suatu perbukitan atau jalur jalan yang banyak tanjakan senang melihat rona wajah pesepeda yang merah hitam menahan lelah, mungkin juga mereka berkata dalam hati "mereka orang kurang kerjaan", namun demikian penggemar olah raga sepeda utamanya sepeda gunung kian hari semakin bertambah saja penggemarnya, bertambahnya penggemar olah raga sepeda karena mengusung konsep olah raga hiburan yang ramah ligkungan dan bisa menjadi sarana pendekatan terhadap alam,,,,dan yang pasti adalah juga sebagai bentuk mensyukuri segala keagungan Tuhan atas alam yang telah diciptakannya, BARAKUDA GUNUNG sebagai salah satu komunitas sepeda yang baru berdiri dan juga walau anggotanya adalah sekelas veteran namun semangat untuk berolah raga sepedanya sangat tinggi, nah untuk sekedar dokumentasi kali ini saya upload foto-foto saat menuju trek jalur puncak talunombo, sidomulyo, pengasih,,,,sayang sebagian gambar yang mendokumentasikan alam bebas tidak secerah gambar-gambar yang kami upload (maklum pengambilan gambar kebanyakan sambil berjalan/ngontel)jadi tidak bisa kami posting,,,,,,,monggo langsung saja liat gambar gaya para goweser barakudagunung dibawah ini :


Merayap pasti menuju puncak talunombo


Terkadang trek yang ekstrim mengharuskan sepeda juga harus dipanggul



Istirahat sejenak di gardu pandang puncak talunombo



bergaya setelah hilang capeknya



Terus bergaya setelah kembali fresh



Profile Gardu pandang Puncak Talunombo


dah dulu mas/mbak brooo,,,,,hehehehehe,,,,,,,,,,,,kayaknya kurang banyak ya gambar-gambar yang harus di upload, insya allah kedepan kami tambah lagi dokumentasinya saat bergowes di alam pegunungan kulonprogo yang begitu indah. salam goweser BARAKUDA GUNUNG "menembus batas".

SEJARAH SEPEDA GUNUNG/MTB



Sepeda gunung sebenarnya merupakan modifikasi dari sepeda yang digunakan di jalan raya. Sepeda jalan raya dibuat hanya untuk digunakan sebagai alat transportasi di jalan raya. Jika digunakan diJika digunakan di daerah pegunungan (di jalan yang terjal) sepeda ini akan mudah sekali mengalami kerusakan. Hal ini membuat beberapa orang berupaya untuk menciptakan sepeda yang kuat untuk segala jenis medan.

goweser barakudagunung beraksi
Sepeda gunung, atau lebih dikenal dengan MTB (Mountain Bike) maupun ATB (All Terrain Bike), adalah sepeda yang dirancang khusus untuk bisa bertahan dalam melewati daerah pegunungan yang memiliki jalan yang tidak rata dan banyak bebatuan. Sepeda ini mempunyai disain ban yang lebih lebar dibanding sepeda jalan raya, yang bertujuan untuk mendapatkan traksi yang lebih baik.


Ada banyak perdebatan mengenai asal mula sepeda gunung pertama kali digunakan. Menurut beberapa catatan, sepeda gunung pertama kali diuji coba oleh Buffalo Soldiers, salah satu bagian dari angkatan darat Amerika Serikat. Sepeda ini dipersiapkan untuk melalui jalanan pegunungan oleh militer Amerika Serikat. Uji coba sepeda ini dilakukan oleh seorang serdadu yang membawa seorang perwira dari Missoulla melewati Montana menuju ke Yellowstone dalam perjalanan pulang dan pergi. Uji coba ini dilakukan pada bulan Agustus 1896.
Pada kisaran tahun 1930an sampai dengan 1950an, Joe Breeeze mengembangkan konsep sepeda yang serbaguna. Joe Breeze, yang tinggal di daerah Marin County, California, ini mengembangkan sepeda dengan bar-tire yang berkualitas tinggi. Sepeda ini menggunakan ban ‘balloon’ dengan satu tingkat kecepatan. Sepeda buatan Joe ini sempat menjadi trend pada masa itu.
Pada rentang waktu tahun 1951 sampai dengan 1956, sebuah komunitas di Perancis yang bernama Velo Cross Club Parison (VCCP), yang terdiri dari 20 orang pemuda yang gemar bersepeda, mengadakan sebuah kegiatan olah raga yang menjadi dasar dari olah raga sepeda gunung pada saat ini. Pada kegiatan olah raga tersebut, semua anggota dari VCCP menggunakan sepeda yang dimodifikasi khusus untuk kegiatan tersebut, yang diberi nama French 650-B.
Pada tahun 1953, John Finley Scott dari Amerika Serikat mengembangkan sebuah sepeda yang merupakan cikal bakal dari pembuatan sepeda gunung moderen. Sepeda yang dikembangkan oleh John Finley Scott ini diberi nama ‘Woodsie Bike’. Sepeda ini menggunakan frame dengan disain bentuk diamond yang dikembangkan oleh Schwin World. Selain itu sepeda ini menggunakan ban angin yang menggunakan ban dalam. Untuk meningkatkan keamanan, pada sepeda ini dilengkapi juga dengan flat-handle bars yang berfungsi sebagai pengaman dan penguat sepeda saat menjelajahi daerah pegunungan.
Untuk mengatur kecepatan dan percepatan sepeda ini, terdapat derailleur gears yang memudahkan pengendara untuk mengaturnya. Hal ini dapat mengurangi beban pengendara sehingga tidak terlalu berat dalam menjalankannya. Sedangkan untuk keamanan dan memaksimalkan hasil pengereman, maka pada sepeda ini dilengkapi dengan cantilever brakes.